Menulis, Profesi atau Hobi


 

Semua orang bisa menyebut dirinya penulis, orang orang yang menulis di sosial media, di akun facebook misalnya, juga bisa disebut penulis. bahkan tak ada undang undang tentang hal itu. namun, ada pembeda diantaranya: "penulis aktif" dan "penulis tidak aktif". penulis aktif ialah yang menulis setiap hari dengan keharusan yang  ia kejar. sedang penulis tidak aktif, mereka yang menulis di sosial medianya, tanpa ada sesuatu tekanan, sehingga bisa menulis kapan saja sesuai mood mereka.



Di tahun 2016 ini banyak terlahir anak anak kreatif. banyak kekreatifan yang bisa dinilai dari berbagai sudut pandang. menulis cerita lucu di akun facebook dan dijadikan sebuah video lalu me-ngepostnya di akun instragram atau di chanel youtubenya. menarik, banyak orang orang yang menanti episode selanjutnya untuk di post. tanpa mereka sadari, karya mereka banyak dinanti orang.

kembali lagi, mereka itu mungkin saja "penulis tidak aktif" yang menulis seusai dengan keinginannya. sehingga orang orang penasaran dengan karya mereka. tentunya, perlu suatu wadah untuk merajinkan hal ini berjalan setiap episodenya.

FLP Sebagai Wadah


Forum Lingkar Pena (FLP) yang didirikan  helvy Tiana Rosa, Asma Nadia, dan Mutmainah pada 22 Febuari 1997. FLP adalah komunitas (calon) penulis yang telah membuka cabang diberbagai Daerah dan manca negara seperti jepang, inggris dll. dalam perkembangannya, FLP telah melahikan banyak penulis hebat dengan masing masing tulisan yang mereka minati.

baru baru ini, FLP cabang Banda Aceh melaksanakan program inaugurasi setelah open recrunment menghasilkan 33 calon penulis yang siap dibina. alhamdulillah, saya terpilih sebagai salah satu  dari calon penulis tersebut. Tak mudah, banyak hal hal yang harus saya lewati. Seperti tes tulis, tes wawancara dan program inugrasi selama dua hari tiga malam.

Dari masa ke masa, FLP mayoritasnya perempuan, tak jarang jika orang banyak memplesetkan FLP sebagai Forum Lingkar Perempuan. Tapi itu bukan masalah, dan bukan penghalang kaum laki laki untuk bergabung aktif di FLP. Forum Lingkar Pena adalah anugerah Tuhan bagi Indonesia, begitu kata Sastrawan Taufik Ismail.

Forum Lingkar Pena telah menjadi lokomotif  bagi ribuan penulis-penulis muda, pembaca karya anak bangsa, juga pecinta dunia literasi. Forum Lingkar Pena Wilayah Aceh sendiri berdiri di Banda Aceh, 11 Maret 2001. FLP Wilayah Aceh adalah sebuah organisasi kepenulisan. Menciptakan kader-kader yang mampu menghasilkan tulisan yang baik dan mencerahkan.

Saya senang bisa terpilih dan bergabung di FLP. Ketika berada dalam lingkungan FLP selama karangtina inugrasi. Banyak hal hal unik yang saya dengar dari cerita senior FLP, salah satunya “ngerujak”. Tak perlu heran, tak salah jika itu memang kebiasaan yang dilakukan, sebab anggota FLP mayoritasnya perempuan dan “ngerujak” itu kebaisaannya.

Seperti keluarga, saya yakin FLP adalah keluarga baru bagi saya di perantauan. FLP juga sebagai wadah bagi saya dan masyarakat islam untuk belajarmenulis.

Profesi atau Hobi


Profesi adalah suatu hal yang berkaitan dengan bidang tertentu atau jenis pekerjaan yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian dan berpenghasilan. Sedangkan hobi ialah untuk memenuhi keinginan dan mendapatkan kesenangan .

Definisi diatas bisa dijadikan perbedaan antara profesi dan hobi. Terkait ini, pada 2016 ini banyak orang yang menjadikan ‘nulis’ sebagai salah satu profesi, berarti itu keahlinya. Juga tak kalah ada yang menjadika ‘nulis’ ialah kesananganya alias hobi.

Penulis bukan seorang jutawan dan miliyaner. Tapi seorang jutawan dan miliyaner. Maksudnya, penulis yang berhasil ialah yang bisa disebut sebagai dua gelar itu. Lalu yang tak berhasil ia tetap penulis namun ‘abal abal’. Sekarang banyak yang memanfaatkan hobi nulis untuk menghasilkan uang. Menjadi blogger misalnya.

Nah, saya adalah orang dengan hobi 'nulis:, saya juga penulis. Dan di jangat raya ini banyak penulis lainnya, sukses maupun tidak. Tentu kita harus mencari teman yang sependapat dengan hobi kita, untuk bisa sharing-sharingan atau hobi kita lebih bisa mengwarnai. Saya juga memperdaya hobi nulis untuk menghasilkan uang, walau selalu gagal. Dan harus “coba lagi”.

Kegagalan, kekurangan, harus segara kita perbaiki jika memang ingin berhasil. Dan saya memilih untuk bergabung dan menjadi keluarga di FLP Banda Aceh dan menjadikan FLP sebagai wadah untuk berkembang dalam dunia kepenulisan. hanya menjalankan hobi dengan teman teman se-hobi, tentunya juga memperdayakannya. Nah, kamu nulis profesi atau hobi?. Salam FLPers!

Postingan populer dari blog ini

Sahabatmu, Juga Musuhmu

Tertikung

Kertas Bisikan Rindu