Minggu, 04 Januari 2015

Aceh dan remajanya




''asam keung" sudah menjadi makanan khas bagi warga tanah rencong, sekaligus menjadi stok makanan penulis, bahkan hampir setiap harinya.tanpanya lidah ini seperti daun yang kering. banyak makanan unik terlahir. namanya unik, tapi rasanya mantap seperti kuah pliek, kuah tumis. itu semua adalah warisan koki koki leluhur di aceh.


namun, bukan itu yang ingin penulis sampaikan, ada hal tak sedap jikalau kita renungkan. Aceh, alhamdulillah setelah MoU helnskhi dan hingga sekarang masih merdeka. tapi jika kita renungkan bersama, bagaimana akhlak para remajanya yang akan memimpin ranah pusaka ini? pantaskah di juluki seramoe mekah lagi?.
saya mulai ragu dengan keadaan ini, ragu akan hilangnya julukan seramoe mekah perlahan lahan. lihatlah! kini gaya remajanya agak cendrung kebaratan, misalnya dengan style pakaian, musik, dan adat barat yang lain nya.

mengkaji hal ini, timbul pertanyaan dari kalangan elite; ulah siapakah ini? banyak yang mengatakan ini semua ulahnya orang-orang yang benci dngan aceh. adakah yang benci dengan aceh? 
menjawab pertanyaan di atas, sebenarnya ini buakn masalah siapa yang benci dengan aceh, bukan ini yang harus di permasalahkan di setiap perkumpulan menindas keanekaragaman topik permasalahan di ranah rencong ini. sekarang! coba kita intip perilaku remaja ranah rencong, bukankah mereka lalai nongkrong di kedai kedai tanpa harus memikirkan kewajiban lima waktu? bukankah mereka lalai dengan budaya barat yang semakin brutal? bukankah mereka lalai dengan barang haram yang berefek wabah penyakit (HIV&AIDS)? renungkan!
seharusnya hal begini yang harus di tindas bersama dan lebih lanjut. remaja adalah masa depan suatu negeri. pejabat-pejabat sekarang adalah remaja masa lampau, namun, sadarkah kelakuan mereka saat ini?.

mari kita bersama bangkit dari keterpurukan, ini semua demi masa depan "seramoe mekah", hal ini  tentu di lakukan dengan perbuatan perbuatan yang baik. jangan sekali kali meledakan bom dengan menyebarkan kebencian bersama . jika itu yang ingin anda lakukan, pergi saja dari ACEH!. nyan ban!

Aceh dan remajanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dzil Ikram

0 komentar:

Posting Komentar